TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA

TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berlokasi di karawang, tepatnya di kawasan industri KIIC jawa barat. Pabrik ini memproduksi 4 buah model andalan TOYOTA baik untuk pasar nasional ataupun untuk pasar ekspor, yaitu Etios Valco, Yaris, Vios, Limo serta Sienta.

"Proses pembuatan 1 unit mobil Toyota dari bahan material berupa baja bersertipikat hingga menjadi 1 unit mobil hanya 27 menit dengan talk time 2,8 menit." beber nandi julianto, direktur karawang plant TMMIN. proses produksinya adalah sebagai berikut.

1. Press Shop.

Dalam rangkaian proses produksi mobil toyota, pengepresan adalah awal dari proses. Baja bersertifikat dilapisi galvanil atau anti karat dicetak menjadi panel terpisah. hasil pengepresan pelat baja setebal 7,5 mikron sampai dengan 10 mikron terdiri dari upper body dan under body termasuk sasis." untuk daya press pertama bisa sampai 2.400 ton. dan untuk proses press yang ada di line sekitar 500 ton." jelas ketut, quality infection plant 2 karawang PT TMMIN.

Untuk proses pembentukan panel bodi juga dilakukan dalam beberapa tahap, pres, potong sesuai ukuran dan pemotongan lubang. sementara untuk mesn cetaknya menggunakan servo pres machine yang dikelompokkan dalam 1 line. ini merupakan mesin baru untuk mempercepat produksi hingga 60%. Perbandingannya 1 menit mampu mencetak 16  pieces. jadi 1 slot dengan mesin servo menghasilkan 200 panel.

yang terakhir adalah pemeriksaan, terdiri dari konfirmasi 100% setiap panel body dan pengurutan sesuai model.

2. Welding Shop.

Setelah proses press shop maka panel body terpisah tersebut dibawa menuju proses pengelasan atau penyatuan (welding) under body serta uper body menjadi satu kesatuan bodi mobil.

Total titik pengelasan 1 unit mobil mencapai 3.000 titik. "terdapat teknologi baru juga dalam proses welding,yaitu roller hemming. alat ini menyatukan outer body inner body, misalnya panel pintu. pinggiran luar pintudilipat ke dalam dengan roller dengan tekanan yang lebih rendah dan berjalan mengelilingi pintu sehingga hasilnya lebih sempurna" jelas Nandi.

selain roller hemming, terdapat juga spot piano. funginya menyatukan bagian outer dan inner bagian atap. Sebelumnya, untuk menyatukan bagian atap, operator harus mengelilingi atap untuk melakukan pengelasan.

3. Paint Shop.

Area paint shop adalah area yang steril, sebelum memasuki arae, sepatu dan baju khusus terlebih dahulu diblower agar tidak membawa debu masuk.

"Proses pengecetan 1 unit mobil Toyota ada 4 jenis, yaitu ED (electro-dipping) atau pelapis antikarat, primer, dan top atau lapisan cat paling atas yang terdiri dari warna metalik dan solid" jelas Bagus Irawan, Deputi GM Production karawang plant 2 PT TMMIN.

Sebelum memulai proses pengecatan, bodi terlebih dahulu dicuci untuk menghilangkan sisa sisa oli atau minyak dari proses pengelasan dan hal ini wajib dilakukan agar warna cat yang nantinya  melekat di mobil Toyota terlihat sempurna.

Dalam proses pencucian mobil, TMMIN memiliki sistem baru, yaitu bazooka system yang mampu menyemprotkan air hingga 1.500 liter dan micro bu bble system yang mampu menghilangkan bekas minyak atau oli di dalam pori-pori plat mobil.

Setelah proses pencucian bodi mobil kemudian dilapisi anti karat atau ED Coat dengan sistem celup, sehingga seluruh permukaan bodi hingga dalam terlapisi lalu dilapis cat dasar putih.

"untuk pengecatan ini kita sudah menggunakan waterbased yang ramah lingkungan.Jadi bisa menghemat listrik dan CO2." jelas Agung Prasetyo, Manager Painting Production PT TMMIN Plant 2 Karawang.

Setelah pelapisan cat primer kemudian baru pelapisan cat paling atas sesuai dengan warna yang tersedia di pasaran.kemudian dilakukan pengecekan maupun pengelasan bodi mobil sudah sempurna.

4. Assembly shop

Assembly shop merupakan proses terakhir dalam perakitan mobil Toyota. Setelah dicat pintu mobil dilepas untuk memudahkan pemasangan komponen atau part-part mobil Toyota termasuk mesin.

di area ini 90% menggunakan alat bantu perakitan dengan sistem karakuri atau hanya mengandalkan gravitasi dan tidak menggunakan listrik.

Sedangkan 10% nya menggunakan karakuri simple auto atau dibantu dengan motor listrik dengan watt kecil dan semua alat bantu ini diciptakan oleh karyawan assembly shop.

Itulah tanda sedikit gambaran tentang proses produksi mobil Toyota yang dilakukan di Pabrik PT TMMIN Plant 2 Karawang. Untuk informasi tentang pemesanan, harga, tes drive, promo dan penjualan TOYOTA SOLO RAYA dapat menghubungi ADITYA 08122971981 (WA) DEALER TOYOTA SOLO RAYA KLATEN.

sumber : tabloit OTOMOTIF




 

Informasi Terkait

Spesial Anniversary Toyota Nasmoco 2019
Spesial Anniversary Toyota Nasmoco 2019

Beli Mobil Toyota Sekarang Banyak Hadiah Kejutan, Kreditnya Murah Banget DP mulai Rp 3 Jutaan, Cicilan mulai Rp 3 Jutaan hingga 5 tahun, informasi selengkapnya silahkan hubungi ADITYA 081-2297-1981