BBM yang tepat untuk mesin diesel modern

BBM yang tepat untuk mesin diesel modern

Keunggulan Mesin diesel TOYOYA ALL NEW INNOVA yaitu torsi besar di putaran bawah dan efisiensi bahan bakar yg sangat baik ditambah material dan konstruksi komponen dirancang tahan tekanan extra tinggi menjamin durabilitas dan ketahanan untuk jangka panjang, menjadikannya banyak yang memilih daripada mesin bensin.

Namun keunggulan tersebut tidak ada artinya bila salah dalam memilih bahan bakar. "Bahan bakar berkualitas adalah keharusan bagi mesin diesel modern." terang General Repair Service Manager, Workshop Departement, Technical service division, PT Toyota Astra Motor Iwan abdurrahman.

Hal ini dikarenakan mesin diesel modern TOYOTA ALL NEW INNOVA membawa sejumlah teknologi yang perlu dirawat. Sebut saja direct injection, turbo variabel, hingga commonrail. 


Berkat kehadiran teknologi inilah anggapan miring terhadap mesin diesel lawas luntur. Tentu Anda masih ingat pekatnya asap knalpot mobil diesel atau akselerasinya yang tak seinstan mobil bensin. 


Masih kata lwan, tekanan pada sistem bahan bakar diesel modern cukup tinggi. tidak mengherankan apabila mesin diesel modern memerlukan bahan bakar berkualitas yang punya kandungan sulfur rendah. 


Untuk diketahui, tekanan bahan bakar pada pipa common-rail bahkan sudah ada yang mencapai 3.000 bar. Sebagai perbandingan, mesin diesel lama umumnya hanya berada di angka 70 bar.

Satu dekade silam solar menjadi satu-satunya pilihan bahan bakar bagi pemilik mobil diesel. Berbeda dengan sekarang, bahan bakar diesel berkualitas selayaknya Pertamina Dex, Petronas Diesel, Shell Diesel, atau Total Performance Diesel sudah tersedia di kebanyakan SPBU kota besar. 


Spesifikasi jenis bahan bakar yang disebutkan diatur dalam Surat Keputusan Direktur Ienderal Minyak dam Gas Bumi Nomor: 3675K/24/DlM/2006. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. 

Ada tiga hal panting untuk diketahui dalam memahami bahan bakar diesel, yaitu cetane (minimal 48), sulfur (maksimal 0,35 persen), dan partikulat (maksimal 10 mg/l). 


Angka cetane (cenate number atau biasa disingkat CN) erat kaitannya dengan kemampuan bahan bakar terhadap putaran mesin yang tinggi. 

Sementara itu, kandungan sulfur yang ada memengaruhi catalytic converter mesin. Sedangkan partikulat menandai tingkat kebersihan bahan bakar.

Sejumlah bahan bakar diesel yang sesuai dengan persyaratan mesin diesel modern memang relatif mahal. Namun jumlah rupiah yang dikeluarkan akan setimpal untuk meraih performa mobil optimal dan awet. 

“Menggunakan solar paling rendah, yang lebih dulu terkena dampak negatif adalah filter. Karena faktanya BBM jenis ini kotor, kandungan sulfunya masih tinggi. Sementara, filter solar mobil-mobil baru itu sangat rapat karena lubang injektor semakin kecil," jelas Iwan. 


Apabila dipaksakan meminum BBM kualitas rendah, filter bisa mengalami kemampatan. Kerusakan ini akan diikuti terganggunya fungsi injektor. 


Di samping itu, ada yang dinamakan dengan catalyc converter. Komponen ini berguna menyaring emisi gas buang agar tetap dalam batas ketentuan 


Masa pakai catalytic converter bergantung pada kualitas BBM. Penggunaan BBM berkualitas akan memperpanjang masa pakainya. 


bicara keseluruhan, penggunaan BBM tingkat rendah sudah barang tentu akan menurunkan performa mobil. Tenaga puncak yang dijanjikan tidak akan tercapai. Dampak buruk lainnya ialah penumpukan sisa pembakaran. tak lain karena kotornya BBM tingkat rendah tersebut. 

Beredar anggapan bahwa penggunaan aditif seperti halnya cetane booster bisa meningkatkan kualitas bahan bakar. Anggapan ini masih jadi pro-kontra karena belum ada produsen mobil yang memiliki lini mobil diesel modern, menyarankan menggunakan BBM diesel biasa plus cetane booster sebagai pengganti BBM berkualitas. 


Untuk diketahui, penggunaan cetane booster sama sekali tidak meningkatkan angka cetane. Tidak pula menurunkan kandungan sulfur. Kebanyakan sifatnya hanya sebagai katalisator. 

Penggunaan cetane booster berarti menambahkan zat kimia lain ke dalam bahan bakar. “jangan hanya incar manfaatnya saja, tapi juga pikirkan efek sampingnya. Karena aditif tidak mengeluarkan apa-apa dari tangki.

Bahkan, apabila benar bisa menurunkan sulfur, jangan-jangan hanya mengendapkannya saja. itu jadi masalah baru," tutup lwan. 

Untuk info PRICELIST HARGA PROMO PEMESANAN TOYOTA SOLO dapat menghubungi ADITYA 08122971981 (WA)