Ada Perbedaan Antara Mobil Hatchback dan City Car

Ada Perbedaan Antara Mobil Hatchback dan City Car

Sekarang tipe maupun model mobil baru di Indonesia semakin banyak, bahkan bisa dipastikan setiap 3 bulan sekali muncul model baru atau hanya sekedar memperbarui fitur dan tampilan (facelift).

Dari beberapa jenis mobil yang mempunyai pengertian hampir mirip, padahal berbeda adalah jenis mobil hatchback dan city car.

Seringkali, masyarakat sekarang mengartikan bahwa city car merupakan mobil yang gunakan di perkotaan, mempunyai ukuran kecil tapi tidak panjang seperti jenis mobil sedan.

Jika dilihat dari pendapat mereka, maka mobil jenis Low MPV dan hatchback bisa masuk sebagai City Car.

Dan akhirnya pada pengertian sesungguhnya tidak seperti itu.

Toyota Heykers Solo

Berikut penjelasan perbedaan dan pengertian antara hatchback dan city car, dari Akbar Juniarto selaku Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM).

"Untuk Indonesia memang masih sedikit rancu soal pengklasifikasian jenis mobil, mungkin karena model dan mereknya cukup banyak. Paling dasar yang membedakan city car dan hatchback itu soal dimensi sebenarnya," kata Akbar yang dikutip dari KompasOtomotif.

Menurut Akbar, meski pada dasarnya sama-sama memiliki kapasitas penumpang empat sampai lima orang, tapi tingkat kelapangan masih lebih baik mobil hatchback. Sedangkan city car dibuat dengan dimensi kecil karena menyesuaikan fungsi sebagai mobil kota yang fleksibel.

Secara bentuk dan ukuran dimensi eksterior, hatchback punya dimensi yang lebih lebar karena memang desainnya dibuat dari sedan, hanya tanpa buntut saja. Hal ini yang membedakan dengan city car.

"Sebenarnya banyak hal (yang membuat berbeda), selain dimensi biasanya mobil city car itu kapasitas mesin lebih rendah dari hatchback. Kalau hatchback ada yang 1.4L ada yang 1.5L, city car di bawahnya," tambah Akbar.

Dari sisi perkembangan, city car lebih dominan di Jepang karena di sana terkenal dengan kei car yang memiliki berbagai bentuk model. Sedangkan mobil hatchback biasanya lebih digemari konsumen Eropa.

"Kalau di Jepang, mobil kei car itu warna pelat nomor saja beda. Biasanya kuning menandakan mobil di bawah 1.000 cc, putih di atasnya," kata Akbar.

Saat ini di tahun 2017, Toyota sendiri memiliki mobil jenis city car dan hatcback lengkap yang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia dari mulai New Agya, New Yaris, New Yaris Heykers dan Etios Valco.

New Agya memiliki tampilan baru yang lebih sporty, lebih dinamis, lebih mewah serta memiliki banyak pilihan tipe seperti bermesin 1000cc, 1200cc hingga lengkap dengan TRD.

Toyota New Agya Solo

Sedangkan Toyota New Yaris Heykers, sebuah perpaduan menarik antara mobil jenis Hatchback dan mobil jenis SUV.

Toyota Heykers Solo

Apapun pendapat Anda mengenai jenis mobil, yang penting sebaiknya beli-lah mobil baru sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang tepat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Bagi Anda warga Solo Raya, bisa berkonsultasi langsung dengan ADITYA, telepon atau whatsapp (WA): 081-2297-1981 Sales Toyota dealer Nasmoco Solo Raya, untuk memilih mobil baru sesuai dengan kebutuhan Anda.

Informasi Terkait