SEKILAS TENTANG DUAL VVT-I

SEKILAS TENTANG DUAL VVT-I

Apakah katup variabel itu?

katup pada mesin mobil

Sebelum membahas ke katup variabel, sebaiknya kita mengetahui dulu fungsi katup itu sendiri. Katup atau klep berada di bagian atas dari ruang silinder. Sesuai namanya, bentuknya seperti klep, di mana ujung satunya bertugas sebagai katup buka-tutup silinder. Klep ini berguna mengatur kapan dan seberapa banyak, udara masuk mmaupun keluar dari atau ke ruang silinder dengan perintah dari camshaft atau noken atau kem.

Semua ini harus disesuaikan agar mesin bisa membakar pada inisiasi yang tepat, dengan jumlah asupan 'mixture' bahan bakar dan udaranya. Pengaturan ini berdampak pada efisiensi, tenaga hingga emisi gas buang yang dihasilkan. Sebelum ada era katup variabel, langkah mendapatkan tenaga yang berbeda kerap dilakukan dengan mengganti camshaft/noken dengan derajat berbeda ataupun mengganti per katup dengan spesifikasi berbeda.

Nah, katup variabel sesuai namanya berfungsi memberikan variasi pada waktu, besaran bukaan klep hingga lama bukaan klep.Jika bisa diibaratkan,mobil Anda jadi seolah-olah memiliki kem ataupun per klep dengan spesifikasi berbeda-beda lewat sistem ini (variabel katup) .

Dengan adanya variasi ini, mesin mobil dimungkinkan untuk memiliki efisiensi, tenaga dan emisi yang berbeda-beda sesuai dengan perintah komputer mobil (ECU) dan kondisi medan yang dihadapi mobil. Dengan adanya pengaturan yang bervariasi,mesin mobil seolah-olah memiliki karakter yang berbeda(bervariasi), bisa efisien dan bisa juga kalem, juga ketika dibutuhkan untuk power yang lebih agresif,mesin mobil sanggup memuntahkan performa yang berbeda. Itu semua tanpa perlu membongkar mesin mobil, dan mengganti komponen mesinnya. Melainkan cukup lewat perangkat pengatur klep variabel ini.

Pengaturan Waktu (Valve Timing)

Pengaturan waktu bukaan katup

Camshaft atau noken sebagai penyalur waktu perintah pada klep,tentu bisa diatur untuk mendapatkan performa mesin yang berbeda-beda.Caranya adalah dengan menggeser posisi dari sproket camshaft intake untuk dapat lebih maju ataupun lebih mundur dari waktu pengapian seharusnya. Ada perangkat yang dilengkapi dengan sistem hidrolis di sproket camshaft, yang dapat diatur oleh aktuator.Dengan cara ini memungkinkan mesin dapat memiliki dua karakter mesin berbeda hanya dengan mengatur waktu bukaan katup.

Teknologi ini dinamakan VVT-i (Variable Valve Timing Intelegence) yang diperkenalkan oleh Toyota.Perkembangan teknologi inipun memungkinkan tak hanya camshaft intake (hisap) saja yang diatur bervariasi waktunya, melainkan camshaft exhaust (buang) pun memiliki kemampuan untuk bervariasi waktunya sesuai perintah.

Anda tentu kenal dengan Dual-VVT-i yang diadopsi oleh Toyota Grand New Avanza,toyota calya,toyota sienta maupun produk toyota yang lainnya.

Pengaturan Bukaan Katup (Valve Lift, Valve Duration)

lamanya durasi bukaan katup 

Besaran udara yang masuk (intake), tentunya bisa juga diatur oleh tinggi rendah klep yang membuat celah. Misal, ketika saat kondisi normal, ECU akan mengizinkan katup terbuka hanya dengan tinggi 1mm, lalu ketika saat rpm tinggi, ECU mengizinkan katup terbuka hingga 10mm.Teknologi ini diperkenalkan Toyota lewat NAV1 dengan nama VALVEMATIC. Mesin mobil dimungkinkan dapat memiliki celah bukaan katup yang berbeda selain timing yang juga dapat diatur. Tujuannya tentu untuk mengoptimalkan kondisi mesin mobil saat berada dalam keadaan idle dan mendapat power yang jauh berbeda saat pedal gas diinjak lebih dalam lagi.

Dengan sistem kerja memungkinkan mesin memiliki bukaan celah katup yang berbeda-beda dengan menggunakan manipulasi pergerakan tonjolan di camshaft, sehingga seolah-olah camshaft memiliki derajat tonjolan yang berbeda. Di era tahun 90an, tehnik mengubah derajat atau mengganti derajat camshaft, kerap digunakan untuk mendapatkan bukaan klep yang lebih besar. Sedangkan per klep, dibutuhkan untuk mendapakan valve duration yang berbeda. Nah, kali ini, pengaturan bukaan klep diatur secara elektrik.

Jadi tunggu apa lagi,

Untuk INFO HARGA TOYOTA SOLO DAN PROMO TOYOTA SOLO Segera hubungi sekarang DEALER TOYOTA SOLO : ADITYA 081-2297-1981, selaku Sales marketing Toyota Nasmoco Solo. Untuk pembelian dan pemesanan mobil Toyota pilihan Anda